Feeds:
Pos
Komentar

Posts Tagged ‘iseng-iseng’

Awalnya saya tidak tahu, kalaupun tahu…. pasti tidak percaya akan angkernya toll JORR.  Maklum saya dan istri seminggu 2-3 kali dimalam hari melewati Toll JORR  dan tidak pernah ada kejadian apa-apa….

Tapi sungguh…. kejadian malam itu (Rabu malam minggu keempat Maret 2010 sekitar pukul 21.00) hingga saat ini saya tidak habis pikir…. apa yang menyebabkan hal itu terjadi…..

Cerita lengkapnya sbb :

Malam itu saya mengendarai kendaraan sedan altis lama (thn 2006), dan istri saya duduk disamping saya. Tidak ada yang istimewa, kita ngobrol ringan di dalam mobil, dan badan terasa segar karena baru saja kami fitness bersama di Celebrity Fitness Pondok Indah Mall.

Rute pulang tentu saja melalui JORR karena rumah kami di Jati Asih. Udara cukup enak, tidak ada bekas hujan sehingga jalan tidak licin, anginpun tidak besar….. semua berjalan normal layaknya malam yang cerah….

Kepadatan lalu lintas pun normal, tidak sepi … tidak juga ramai. Kami berjalan di jalur paling kanan dengan kecepatan 80-90 km/jam, cukup santai.  Saat mendekati daerah pasar minggu kami melihat di jalur tengah (sebelah kiri agak didepan) sebuah ambulance berjalan lebih lambat.

Kamipun dalam sekejap akan melalui ambulance tersebut….. namun saat kami lebih mendekati ambulance tsb…. tiba-tiba mobil saya bergoyang dan selanjutnya seperti terlempar ke sebelah kanan dan hampir saja menabrak baja pemisah jalur di tengah…

Mobil kami tiba-tiba terpelanting ke kiri dan kekanan dengan bunyi berdecit-decit…. oleng kanan kiri…. hampir menabrak ambulance lalu kekanan hampir menabrak jalur pemisah kembali… begitu seterusnya hingga minimal 3 kali kiri kanan dengan suara berdecit-decit…

Istri saya yang duduk di sebelah saya berteriak-teriak  “allahu akbar… ayah..ayah……astaghfirullah ….dll” sambil menangis… sementara saya bergulat untuk mengendalikan mobil yang tiba-tiba sangat sulit dikendalikan….saya fikir ban depan saya kempes karena betul-betul tidak dapat dikendalikan….

Dalam benak saya…. hancurlah… ini mobil….. dan kita tak mungkin selamat….. terbayang anak-anak yang menanti dirumah……dalam kekalutan saya mohon perlindungan dari yang maha Pencipta dan dijauhkan dari mara bahaya..ini….

Aneh bin ajaib…. tidak berapa lama saya pun mampu mengendalikan mobil saya….. dan akhirnya mobil saya dapat berjalan normal lagi…. namun kecepatan saya kurangi hingga  40-60 km/jam. Mungkin kalau bukan sedan… sudah terguling dan terlempar ke luar jalur….

Sementara istri masih menangis dan tidak percaya akan apa yang kita alami, kami pun berangsur tenang… kecepatan mobil akhirnya saya tingkatkan lagi menjadi 60-70km /jam, dan ambulance di samping akhirnya kami lalui.

Namun saat kami sampai di sekitar kampung rambutan, kami bertemu lagi dengan ambulance yang sangat mirip ….Istri saya yang masih ketakutan kembali kaget melihat ambulance yang sama (sebenarnya mungkin mirip) tiba-tiba di depan kita lagi….beruntung akhirnya ambulance tsb melaju ke arah cililitan, sementara kami terus ke arah jati asih

Istri saya berulang mengucap syukur atas lindungan yang telah diberikanNya, sehingga kami terhindar dari kecelakaan maut.

Sampai di rumah kami langsung sholat dan mengucap syukur atas terhindarnya dari kecelakaan maut.  Kemudian kejadian ini kami sampaikan pada kerabat dan kawan…… dan menurut mereka daerah tersebut memang angker…

Beberapa hari sebelum kejadian saya tsb… ada sebuah mobil melompat dari jalan tol dan terlempar ke pinggir sungai …., kecelakaan memang kerap terjadi di sana….disana memnag angker … begitu kata kerabat dan rekan-rekan saya…..

Keanehan lainnya, mobil-mobil yang berada di belakang saya saat saya berakrobat kiri dan kanan….. seperti tidak melihat apa-apa….., merekapun tidak terlihat menurunkan kecepatan..atau… menghindari dari gerakan brutal mobil saya. .

Saat mereka mendahului kami setelah kejadian tsb…… mereka acuh saja….saya jadi berfikir apakah mereka melihat kami berakrobat kiri kanan posisi miring dlsb…. atau hanya kami saja yang mengalami sementara yang lain tidak melihat ???? saya tidak tahu…

Hingga saat ini saya tidak habis pikir apa yang menyebabkan mobil saya tiba-tiba seperti terseret ke ambulance lalu terlempar ke kanan ngesot kesamping dlsb…..saya tidak mengantuk…. jalanan tidak licin….. konsentrasi saya pun penuh saat mengemudi…tidak ada gangguan apapun….

Saya sendiri tidak tahu apakah Tol JORR tsb  memang benar angker atau memang kondisi di sana yang rawan kecelakaan….. yang jelas … harap ekstra hati-hati saja saat berkendara di jalan tsb karena banyaknya kecelakaan disana.

Adakah rekan-rekan pernah mendengar angkernya Toll JORR atau pernah mengalami seperti saya ?????

Read Full Post »

Buruk, Jelek, bodoh…. adalah sebutan yang dibuat manusia. Namun semua ciptaan Tuhan sebenarnya adalah baik.  Ini perlu disadari oleh kita…. Kadang sebutan buruk menyebabkan tenggelamnya sebuah potensi hasil kreasi sang maha pencipta.

Jangan mengubur potensi yang ada pada setiap Individu ! Setiap Individu memang unik, dan keunikan itu bisa menjadi potensi maha dahsyat bila kita memahaminya, bila kita mensyukuri karunia Illahi.

Kuncinya ada pada kita masing-masing, bagaimana kita menghargai keunikan itu, lalu berilah kesempatan untuk berkembang. Malcolm Gladwell dalam bukunya ‘outlier‘ membahas apa yang menjadi kunci orang-orang yang luar biasa

Outlier dalam bahasa statistik umumnya diartikan data pencilan, Gladwell membahas bagaimana orang-orang outlier (orang-orang yang sukses luar biasa) bisa mendapatkan kesuksesannya.

Pohon Ek yang tumbuh tinggi dan kuat di hutan, bukan karena tumbuh dari biji yang paling kuat ! Tapi karena mendapat sinar matahari penuh (tdk ada pohon yg menghalangi), tanahnya subur, tidak ada kelinci yang mengunyah kulit kayunya saat masih kecil, tidak ada tukang kayu yang menebangnya.

Penelitian terhadap bintang hockey  di Amerika, menunjukkan fenomena menarik terhadap tanggal  kelahiran dan sistem pendaftaran.   Maksudnya, ternyata sang bintang  hockey menjadi hebat karena  sejak kecil telah mendapat keuntungan kesempatan.  Ternyata sang bintang  rata-rata lahir di bulan januari-maret, sementara waktu pendaftaran setiap januari.

Karena keuntungan tanggal kelahiran tersebut, ia mempunyai tubuh yang lebih besar, mempunyai kesempatan latihan lebih banyak saat evaluasi, lalu menjadi ‘terkesan lebih berbakat’.  Karena dianggap lebih berbakat,  ia diberi porsi latihan lebih banyak lagi dan lebih baik (masuk team khusus), dan selanjutnya keahliannya jauh meninggalkan teman-teman lainnya.

Demikian juga dengan pemain biola, menjadi hebat karena ia mempunyai lebih banyak waktu latihan dibanding yang lain. Para pemusik hebat ternyata mempunyai jam latihan yang sangat intens. Penelitian menunjukkan,  tidak ada pemusik alami (hebat tanpa latihan), ataupun pemusik yang telah bekerja keras tetapi tidak menjadi ahli.

The beatles menjadi hebat, karena ia punya waktu berlatih setiap hari di sebuah pub di Jerman dengan berbagai jenis musik selama lebih dari 25000 jam.  Demikian juga Bill Gates, menjadi ahli komputer, karena sejak sekolah ia punya kesempatan jauh lebih banyak bermain komputer dibandingkan anak-anak pada jamannya.

Apa arti semua ini ? Artinya,

  1. Jangan begitu mudah memfonis setiap orang tidak punya potensi. Jangan terlalu mudah mengelompokkan orang, apalagi mencap tidak punya potensi
  2. Semua orang punya potensi yang dapat dikembangkan, hanya kadang kita saja yang belum melihat potensinya.
  3. Sedangkan bagi diri sendiri, ayo gali potensi… kuncinya raih kesempatan dan rajin berlatih. Jangan mudah menyerah …..

Ada lagi yang ingin menambahkan ?

Read Full Post »

Setelah lama tidak aktif, saat kembali ke komunitas blogger ini ….ada rasa canggung untuk mulai menulis lagi.  Dua tahun lewat sudah… boleh dikata sejak akhir tahun 2008 saya sudah tidak begitu aktif menulis lagi di blog, cepat sekali waktu berlalu….. tahun 2009 saya hanya menulis 5 buah saja…..sungguh sangat tidak produktif…..

Sayapun terkaget-kaget dengan perubahan peta toplist yang ada.  Saya juga terkagum-kagum sama perkembangan blognya om nh18 …, salut sama konsistensinya (beda banget dengan saya yang moody sama blog… hehehe).  Saya beberapa kali diajak kembali ngeblog oleh om nh ini….. . trims atas dorongannya, sekarang nulis lagi nih boss ! dan mulai blogwalking lagi deh…..

Tapi saya juga masih seneng dan bangga tanpa aktivitas menulis, blog saya tetap ditengok 100 orang lebih setiap hari (eh…. Ini termasuk bagus atau memalukan ya…? yang jelas narsis hehehe).

Mungkin banyak juga yang kecewa, kecele…. Setelah berkunjung ke blog saya, ternyata tidak ada tulisan baru…… ampun… maaf  kepada teman lama saya yang mungkin sering menanti tulisan baru saya tapi nggak muncul-muncul.  Semoga saya bisa mulai bisa mengembalikan semangat, menyusun langkah menulis lagi.

Kok judul tulisan ini nostalgia ? ya karena saat saya mengembalikan semangat, saya bernostalgia dimana saya sering jadi top list  saat itu.….. . Walau toplist bukan tujuan, tapi jujur, masuk toplist adalah sebuah bonus….dan menjadi suatu penyemangat luar biasa untuk terus menulis…..

Setelah dipikir-pikir, kalau saya paparkan disini nostalgia itu atau tulisan toplist saya… berasa norak sekali .. jadi saya urungkan niat saja untuk mentautkan daftar toplist saya jaman dulu itu……tapi judul biar saja ah… hehehe….

Lucunya tidak semua tulisan toplist tsb bertahan dikunjungi hingga kini, tulisan yang bertahan terus dikunjungi justru bukanlah tulisan favorit saya, anda bisa lihat daftar tulisan teratas disamping…..begitulah nyatanya…..

Setelah benostalgia dan memberanikan diri mulai menulis lagi…..saya memulai dari awal lagi, menjadi blogger pemula……

Mungkinkah  saya bakal dikenal lagi di komunitas ini ??? pastinya tergantung produktivitas, kreativitas dan kualitas tulisan ……

Read Full Post »

Beberapa orang heran kepada saya… “bisa-bisanya beli peralatan musik dan sound sistem seperti orang mau usaha studio musik saja…..” padahal alat-alat itu hanya saya pakai buat nyanyi si hari libur di rumah…. nggak pernah disewakan…..

Ada teman saya yang sangat gila sama tanaman atau bunga, kalau ada tanaman cantik dan langka… berapapun ia mau merogoh koceknya untuk membeli, kadang saya heran juga beli tanaman terus mau ditempatin dimana… wong rumahnya sudah penuh bunga….

Ya…. kayaknya kita semua pasti mempunyai sisi boros ….. sekedar pemuas hati.. saluran atas tekanan disana-sini… kita lampiaskan pada satu dua sisi untuk menyalurkan hasrat kita…….kita menjadi tidak rasional untuk hal tersebut….

Sebaliknya, biasanya kita juga punya sisi pelit…… misalnya kalau saya… pelit banget beli gadget baru…. untuk hal ini saya termasuk late adopter…….

Bagaimana dengan anda ? apakah anda punya sisi boros dan sisi pelit ? baikkah hal ini ????

hmmmmm…. lagi cari pembenaran atas kelakuan sendiri nih…..

(tulisan awal….. yang ringan aja ….)

Read Full Post »

Sebenarnya saya ragu menuliskan hal ini … akan bermanfaat atau malah menuai badai khususnya nasib anak saya ? yaah…., semoga anda menangkap niat baik saya.

Sabtu minggu lalu, kami diundang ke sekolah anak saya (anak kedua) sebuah SMPN terbaik di Jakarta Timur, dengan agenda persiapan UN dan silaturahmi kepala sekolah baru. Sebagai orang tua yang baik, tentu saja kami memenuhi undangan tersebut dengan antusias. Namun apa dikata …. Pertemuan ini menjadi sesuatu yang menggelikan dan menyisakan pertanyaan besar di benak para orang tua ….. “Apa lagi Ini ????” ….

Begini cerita lengkapnya :

Sekitar pkl 07.50 saya sudah sampai disekolah (undangan jam 08.00), masuk ke ruang pertemuan sudah ada sekitar 20-30 orang tua, dan para orang tua terus berdatangan memenuhi ruangan (kapasitas 150-200 org) yang sudah tertata apik, dengan full karpet, tanaman hias, organ, TV monitor besar dan layar infocus.

Kami dengan sabar menanti walau jam telah menunjukkan angka lebih dari jam 08 pagi. Kami pun bertegur sapa dengan sesama orang tua murid. Tiba-tiba seseorang masuk keruangan dengan berteriak lantang kepada kami : “Keluar-keluar ……. Ayo cepat keluar-keluar …….keliling dulu …… lihat kelas-kelas……. Ayo …… cepat-cepat ….. keluar….”

Tentu saja kami kaget, kok tanpa sopan santun kepada orang tua… tiba-tiba saja meyuruh keluar layaknya menyuruh anak-anak yang nakal. Sambil berbisik-bisik dan bergumam mempertanyakan “siapa sih ? kok begitu amat ?” kamipun mencoba tetap respek mengikuti komandonya untuk berkeliling melihat kondisi kelas dan sekolah secara keseluruhan.

Dalam hiruk-pikuk tsb, kami mengetahui ternyata sang komando tsb adalah kepala sekolah yang baru. O..Ou….. sikapnya terhapuskan oleh kondisi sekolah yang cukup banyak perubahan dari sisi kebersihan dan penampilan. Lantai, bangku, dinding semua terlihat fresh.

Setelah selesai berkeliling, kami kembali digiring masuk ruang pertemuan dan acara dibuka oleh MC dilanjutkan lantunan lagu dari salah seorang murid diiringin pemain organ murid smp juga, so far so good ! Acara dilanjutkan dengan sambutan kepala sekolah yang baru, namun sebelum memulai, MC menyampaikan biodata kepsek dan juga video beliau saat penyambutan/pelantikan sebagai kepala sekolah sekitar 1 bulan yang lalu.

Nah berikutnya, mulailah sang komando beraksi …. Dengan gaya meledak-ledak … bapak kepala sekolah yang baru mengajak kita bershalawat bersama …..( shatalulloh…. Salammullah… alathoha…. Rasulillah …. dst) layaknya di sebuah acara pengajian. Kita tersenyum…… bahkan sebagian orang tua yang non muslim (ini sekolah negeri bukan sekolah islam) menundukkan kepala dan mungkin dalam hatinya … apaan sih……

Kembali lagi dengan gaya seorang guru kepada murid “ ….. ayo bapak-ibu yang keras dong…..jangan lemes gitu …. Sekarang ibu-ibu dulu …….trus gantian bapak-bapak ….. trus ayo bareng ……… dengan rasa respek kami orang tua mengikuti komandonya sambil tersenyum ….”

Selesai dengan shalawat…… mulailah beliau menceritakan dirinya…. Jadi kita mendapatkan lagi biodata beliau (padahal tadi sudah ditayangkan)….. bedanya ini diceritakan oleh tokoh aslinya. Tentu lebih seru karena ledakan dan guyonan dan aktingnya yang luar biasa… namun isinya semua sama dengan yang ditayangkan tadi yaitu antara lain :

Anak seorang pejuang kemerdekaan, ayahnya ikut mengantar bung karno ke rengasdengklok

Pendidikan lulus S2, sedang melanjutkan S3

Mantan kepsek SMPN ….. (saya lupa yang jelas bukan smpn unggulan)….

Selesai dengan acara yang berbau narsis…hehehe (nggak apa-apa lah… kadang kita juga suka narsis kan….)… selanjutnya beliau bertanya : “Bagaimana bapak-ibu sudah lihat perubahan yang terjadi di sekolah ini ? saya belum 1 bulan loh bu ( tepatnya 1 bulan kurang 1 hari)…. Tapi bapak/ibu lihat …… dst……” Pada prinsipnya beliau mengatakan saya bekerja keras dengan semangat baru melakukan perubahan berarti di sekolah ini.

Sampai disini….. kami pikir…. Oke…terimakasih, salut juga deh…… walaupun sikap dan perilakunya agak-agak “berbeda”. Namun, rasa salut itu tidak lama …..setelah beliau mengatakan bahwa semua renovasi sekolah ini …… belum dibayar …ALIAS NGUTANG…….!

Dan berikutnya beliau menekankan kepada kami para orang tua untuk menanggung biaya tsb. Beliau memotivasi para orang tua dengan ikut prihatin dan berjuang untuk pendidikan bangsa ini (anak pejuang) dan rasa ikhlas membantu kesejahteraan guru (dari sudut agama).

Dalam upayanya meyakinkan kita, beliau tidak segan-segan sampai duduk dilantai dengan kaki meronta-ronta mempraktekkan kalau anakanak bisa jatuh karena bangku sekolah yang rusak, juga menggunakan kata-kata … seperti ……”pikir….men…pikir…!!!” saat mempertanyakan bagaimana kita bisa maju kalau nggak pakai uang sumbangan dari orang tua.

Dengan KepSek yang lama, sejak kelas 2 SMP (anak saya masuk sekolah tsb mulai kelas 2)…. Tidak ada sama sekali pungutan biaya sepeserpun ! jadi sekolahnya gratis-tis… sesuai janji pemerintah. Tapi, ini yang dikritik kepsek yang baru. Beliau mengatakan ” saya menangis setelah tahu bahwa kepsek disini dibelenggu karena tidak boleh pungut iuran……”

Setelah masalah fasilitas/sarana pendidikan, beliau dibantu dengan Komite sekolah menyampaikan juga rencana perpisahan yang akan diselenggarakan di Balai Sudirman ! Waow…. Balai Sudirman….Salah satu gedung mewah di DKI. Beliau mengingatkan … jangan kecewakan anak-anak….. anak-anak sudah setuju…. Dan biaya 160jt juga ditanggung orang tua. Belum lagi acara pisah sambut kep sek….. mereka meminta lagi bantuan ortu, biaya sekitar 17 jt ! Buku Tahunan 75 Jt…..

Karena komite tetap tidak boleh memungut dana dari ortu, maka beliau melakukan ide terobosan (yang beliau sangat bangga dengan ide ini), yaitu membentuk organisasi “Pemerhati Pendidikan”. Iuran tidak ditetapkan, tetapi berdasarkan keihklasan orang tua. Yang tidak mampu, tidak perlu iuran. Untuk itu mereka langsung menyebarkan amplop untuk uang tunai tanpa nama dan form untuk menjadi anggota pemerhati pendidikan dengan janji nilai sumbangan.

Sementara materi utama persiapan UN, hanya disampaikan jadwal ujian saja. Serta hasil try out yang dilihat sekilas tanpa dibahas. Masalah hasil try out bisa ditanyakan langsung ke wali kelas setelah pertemuan ini … begitu katanya.

Dan yang bikin gemes…….. tidak ada acara tanya-jawab….. karena waktu habis, dan kelompok/ortu berikut sudah menunggu untuk masuk ruangan. Acara langsung ditutup. Sebagian orang tua ngomel……. “Kalau cuma begini ngapain datang ya….. ngomongnya persiapan ujian… kok malah cuma minta duit…..”.

Ada lagi yang lebih mengejutkan ! saat saya menceritakan hal ini kepada anak saya, anak saya memberikan informasi baru …. : “oh pantes aja yah….beberapa waktu yang lalu mamanya temen adek bilang… “hati-hati tuh sama kepsek yang baru, kayaknya calon…….(maaf saya ggak sampai hati menulisnya disini), masak kita disawer…”

Jadi, beliau telah mengundang sebagian kecil ortu untuk mau dijadikan pengurus Pemerhati Pendidikan dan saat pertemuan itu, beliau memberi uang…….Waduh….. apa maksudnya ini ???

Bagaimana pendapat anda tentang perilaku kepsek baru ini ??

Menurut saya, point penting yang harus diperbaiki adalah :

  1. Sebagai pendidik, seharusnya mencontohkan sikap dan perilaku yang sopan dan santun.
  2. Bila ingin mencari jalan keluar masalah dana, maka perlu ada transparansi terlebih dahulu …. Berapa dana dari pemerintah , berapa yang seharusnya dibutuhkan, baru terhitung berapa kekurangan. Bila ini tidak dilakukan, maka pemungutan dana dari orang tua hanya akan mengundang Fitnah !
  3. Dalam kondisi ekonomi dan dunia yang sedang prihatin, juga antisipasi kebutuhan biaya pendidikan masuk SMU, pantaskah kita bermewah-mewah (pesta perpisahan di balai sudirman, dll)

Ada komentar, pendapat atau saran dari anda ?

Read Full Post »

Menjelang musim ujian dan kenaikan kelas, kembali banyak yang mencari informasi mengenai sekolah, tidak terkecuali Kelas International. Saya sudah beberapa kali menulis masalah ini silahkan anda membaca tulisan saya terdahulu, seperti :

  1. SMUN Favorit Kelas International
  2. Reportnya mengurus Kelas International Favorit
  3. Beban Berganda Kelas International
  4. Ujian Cambrige Kelas International

Terimakasih kepada semua yang telah membaca, memberi dukungan dan juga merasakan manfaat dari tulisan saya. Ada beberapa pertanyaan kepada saya bagaimana perkembangannya saat ini ?

Berikut saya sampaikan, perkembangan penting pengelolaan sekolah dan juga prestasi anak saya (yang tentu saja masih sangat membanggakan).

  1. Berulang kali pertemuan/rapat, surat dilayangkan, notulen untuk perbaikan system belajar mengajar ….. respon pihak sekolah adalah selalu sama :”terimakasih atas masukan yang sangat berarti, beruntung ada orang tua yang sangat memperhatikan masalah ini, dslb…” Namun tindakan perbaikan jika diibaratkan dengan point maka, dari 100 point hanya sekitar 30 point yang dilakukan. Kendalanya, birokrasi… koordinasi !
  2. Sedangkan prestasi anak saya …. Alhamdulillah,  Anak saya satu-satunya yang menyapu bersih nilai A untuk ujian Cambrige O level (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Bhs Inggris), bahkan mendapatkan A* (baca A star) untuk Matematika, Fisika dan Kimia.

Masalah yang sekarang kami hadapi adalah persiapan ujian A level. Mengingat Keputusan Diknas dan universitas di Indonesia yang mengharuskan ada Ujian nasional, maka kami (orang tua dan sebagian anak-anak berprestasi) menginginkan mengambil ujian A level di bulan Mei-Juni ini, agar tahun depan sudah focus pada ujian nasional.

Keuntungan lain bila mengambil ujian A level di Mei-Jun, maka anak-anak sudah bisa mendaftar ke perguruan tinggi di luar negeri untuk mengambil langsung S1 saat ini (tapi tidak bisa di Indonesia). Karena sudah A level maka lama pendidikan di S1 pun hanya 3 tahun, bahkan bisa lebih cepat.

Namun sangat disayangkan, sekolah masih belum bisa memfasilitasi keinginan tersebut karena terbentur sarana lab, staf pengajar dan program sekolah yang memilih AS level di Mei-Jun dan A level di Okt-Nov.

Gemes ???? sangat gemes…. Kita masih berjuang mencari jalan keluar untuk hal ini. Oleh karena itu sekali lagi, bila anda ingin menyekolahkan anak anda di kelas international bersiaplah :

  1. Dana pendidikan yang tidak sedikit
  2. Perhatian dan keterlibatan orang tua untuk mendorong pihak sekolah meningkatkan mutu proses belajar mengajarnya
  3. Masih harus siap-siap mengeluarkan dana tambahan untuk bimbingan belajar persiapan ujian Cambrige.
  4. Mempersiapkan fisik & mental anak-anak mendapat beban berganda cambrige dan UN

Semoga seri tulisan ini memberi manfaat bagi orang tua murid, anak-anak yang berminat ke sekolah internasional, dan juga pemerhati pendidikan lainnya. Saya sangat-sangat berharap pihak Diknas pun membaca dan yang lebih penting melakukan action /follow up untuk memperbaiki program international ini.

Read Full Post »

Dalam suatu acara keluarga, kami membuat dresscode “punk” ….. , saya sekeluarga bingung juga cari aksesoris punk… dimana ya …? maklum kurang gaul….. cari sana sini …akhirnya dapet beberapa aksesoris di cihampelas bandung …..

Kejutan ! saya dapet predikat “best costume” …. hehehe… padahal anak saya bilang… ayah.., kok kayak preman pasar pocong … hahaha…..

ini dia foto preman pasar pocong !

punk ato preman pasar ?

ini gambar bersama anak dan istri saya ….

Yaah… sesekali ber-ekspresi secara berbeda … agak gila seeh ! tapi ternyata cukup merangsang kreativitas …… HIDUP PUNK !!!

Read Full Post »

Older Posts »